Jumat, 24 Februari 2012

Indonesia Dominasi Olimpiade Bahasa Inggris Se-Asia


Pelajar Sekolah Menengah Atas dan mahasiswa Indonesia mendominasi kemenangan di Olimpiade Bahasa Inggris Se-Asia atau Asian English Olympics (AEO) yang diadakan oleh Bina Nusantara English Club (BNEC) di Universitas Bina Nusantara. Olimpiade Bahasa Inggris Se-Asia tersebut digelar dengan tema “Inspiring Asia”.

Kompetisi itu memperlombakan enam kategori yaitu; debat, permainan scrabble, bercerita, membaca berita, berpidato, dan pembuatan film pendek. Untuk juara debat, dimenangi oleh kelompok tim A dari National University of Singapore (NUS-A), permainan scrabble dimenangi oleh Christian Oktavius dari Universitas Bina Nusantara.

Bercerita dimenangi oleh Ahmad Rizky dari SMA Insan Cendekia Alkausar, membaca berita dimenangi oleh Zilvia dari Bina Nusantara, dan berpidato dimenangi oleh Agustin Priyanti dari STIE IT dan Bisnis.

Sementara film pendek terbaik jatuh pada film buatan STIKOM London School bertajuk “Framed Life”. Khusus untuk Wibisono Notodirdjo dari Universitas Padjajaran, pemenang kompetisi membaca berita, dia juga memenangkan kategori pembawa acara talk show dan berita terbaik.

Elsa Novita, ketua panitia AEO mengatakan acara Olimpiade sengaja dibuat untuk meningkatkan kualitas berbahasa Inggris pemuda Indonesia. Acara ini diadakan tidak hanya untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris tiap peserta tapi juga untuk menjalin hubungan baik antara mahasiswa dari seluruh Asia,” kata mahasiswa semester enam Sastra China di Bina Nusantara tersebut.

Dia merasa bangga bahwa para peserta dari Indonesia dapat menunjukkan keahlian mereka dalam berbahasa asing tidak kalah dari negara-negara lain. Olimpiade Bahasa Inggris tersebut digelar pada 13-17 Februari 2012 dan dihadiri oleh sedikitnya 500 peserta dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, serta beberapa negara lainnya.

Acara pertama kali diadakan pada 2005 dengan skala Nasional. Kemudian pada 2011 berkembang ke level Asia Tenggara; Southeast Asian English Olympics (SEO). Melihat animo dan antusiasme peserta yang tinggi, maka tahun 2012 jangkauan diperluas menjadi tingkat Asia.






sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar