Sabtu, 03 Maret 2012

Bila Anak Terlambat Bicara

Banyak orang tua yang khawatir jika anaknya belum lancar bicara padahal dilihat dari segi usia sepertinya sudah lewat dan jika dibandingkan dengan anak-anak tetangganya, teman-temannya, saudara-saudaranya kok ketinggalan jauh.

Gangguan kemampuan bicara atau keterlambatan bicara dan berbahasa ini haruslah dideteksi dan ditangani sejak dini dan dengan metode yang tepat. Bagaimana pun juga, bicara dan bahasa merupakan media utama seseorang untuk mengekspresikan emosi, pikiran, pendapat dan keinginannya.





bayangkan saja, jika ia mengalami masalah dalam mengekspresikan diri, untuk bisa dimengerti oleh orang lain atau orang tuanya, guru dan teman-temannya, maka bisa membuat ia frustrasi. Mungkin pula ia akan merasa frustrasi dan malu karena teman-temannya memperlakukan dia secara berbeda, entah mengucilkan atau pun membuatnya jadi bahan tertawaan.

Jika tidak ada yang bisa mengerti apa sih yang jadi keinginannya atau apa yang dimaksudkannya, maka tidak heran jika lama kelamaan ia akan berhenti untuk berusaha membuat orang lain mengerti.

Padahal, belajar melalui proses interaksi adalah proses penting dalam menjadikan seorang manusia bertumbuh dan berhasil menjadi orang seperti yang diharapkannya.




Bila Anak Terlambat Bicara
gangguan keterlambatan bicara adalah istilah yang dipergunakan untuk mendeskripsikan adanya hambatan pada kemampuan bicara dan perkembangan bahasa pada anak-anak, tanpa disertai keterlambatan aspek perkembangan lainnya.

Pada umumnya mereka mempunyai perkembangan intelegensi dan sosial-emosional yang normal. Menurut penelitian, problem ini terjadi atau dialami 5 sampai 10% anak-anak usia prasekolah dan lebih cenderung dialami oleh anak laki-laki dari pada perempuan. Pada kasus-kasus tertentu, hambatan berbicara dan berbahasa terlihat dari adanya hambatan dalam menulis.





adapun penyebab dari keterlambatan bicara ini disebabkan oleh beragam faktor, seperti:

  1. hambatan pendengaran

    pada beberapa kasus, hambatan pada pendengaran berkaitan dengan keterlambatan bicara. Jika si anak mengalami kesulitan pendengaran, maka dia akan mengalami hambatan pula dalam memahami, meniru dan menggunakan bahasa. Salah satu penyebab gangguan pendengaran anak adalah karena adanya infeksi telinga

  2. hambatan perkembangan pada otak yang menguasai kemampuan oral-motor

    ada kasus keterlambatan bicara yang disebabkan adanya masalah pada area oral-motor di otak sehingga kondisi ini menyebabkan terjadinya ketidakefisienan hubungan di daerah otak yang bertanggung jawab menghasilkan bicara. Akibatnya, si anak mengalami kesulitan menggunakan bibir, lidah bahkan rahangnya untuk menghasilkan bunyi kata tertentu.

  3. masalah keturunan

    masalah keturunan sejauh ini belum banyak diteliti korelasinya dengan etiologi dari hambatan pendengaran. Namun, sejumlah fakta menunjukkan pula bahwa pada beberapa kasus di mana seorang anak anak mengalami keterlambatan bicara, ditemukan adanya kasus serupa pada generasi sebelumnya atau pada keluarganya. Dengan demikian kesimpulan sementara hanya menunjukkan adanya kemungkinan masalah keturunan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi.

  4. masalah pembelajaran dan komunikasi dengan orang tua

    masalah komunikasi dan interaksi dengan orang tua tanpa disadari memiliki peran yang penting dalam membuat anak mempunyai kemampuan berbicara dan berbahasa yang tinggi. Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa cara mereka berkomunikasi dengan si anak lah yang juga membuat anak tidak punya banyak perbendaharaan kata-kata, kurang dipacu untuk berpikir logis, analisa atau membuat kesimpulan dari kalimat-kalimat yang sangat sederhana sekali pun.

    Sering orang tua malas mengajak anaknya bicara panjang lebar dan hanya bicara satu dua patah kata saja yang isinya instruksi atau jawaban sangat singkat. Selain itu, anak yang tidak pernah diberi kesempatan untuk mengekspresikan diri sejak dini (lebih banyak menjadi pendengar pasif) karena orang tua terlalu memaksakan dan “memasukkan” segala instruksi, pandangan mereka sendiri atau keinginan mereka sendiri tanpa memberi kesempatan pada anaknya untuk memberi umpan balik, juga menjadi faktor yang mempengaruhi kemampuan bicara, menggunakan kalimat dan berbahasa.

  5. faktor televisi

    anak batita yang banyak nonton tv cenderung akan menjadi pendengar pasif, hanya menerima tanpa harus mencerna dan memproses informasi yang masuk. Belum lagi suguhan yang ditayangkan berisi adegan-adegan yang seringkali tidak dimengerti oleh anak dan bahkan sebenarnya traumatis (karena menyaksikan adegan perkelahian, kekerasan, seksual, atau pun acara yang tidak disangka memberi kesan yang mendalam karena egosentrisme yang kuat pada anak dan karena kemampuan kognitif yang masih belum berkembang).

    Akibatnya, dalam jangka waktu tertentu yang mana seharusnya otak mendapat banyak stimulasi dari lingkungan/orang tua untuk kemudian memberikan feedback kembali, namun karena yang lebih banyak memberikan stimulasi adalah televisi (yang tidak membutuhkan respon apa-apa dari penontonnya), maka sel-sel otak yang mengurusi masalah bahasa dan bicara akan terhambat perkembangannya.


evaluasi pemeriksaan
jika orang tua mencurigai anaknya mengalami hambatan bicara, maka hal ini haruslah diteliti dan diperiksa oleh ahli yang memang berkompeten di bidangnya, untuk menghindari terjadinya salah diagnosa dan penanganan. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan lengkap dari aspek-aspek:

  1. fisiologis dan neurologis

    dokter memeriksa secara menyeluruh, untuk mengetahui apakah keterlambatan tersebut disebabkan masalah pada alat pendengaran, sistem pendengarannya, atau pun pada areal otak yang mengatur mekanisme pendengaran-bicara dan otak yang memproduksi kemampuan berbicara. Tidak hanya itu, pemeriksaan lengkap akan menghasilkan diagnosa yang jauh lebih pasti tidak hanya faktor penghambatnya, namun juga metode penanganan yang paling sesuai untuk anak yang bersangkutan.

  2. psikologis

    pemeriksaan secara psikologis juga diperlukan untuk memahami fungsi-fungsi lain yang berhubungan dengan kemampuan berbicara dan berbahasa, seperti tingkat intelegensi serta tingkat perkembangan sosial-emosional anak. Pemeriksaan secara psikologis ini juga dimaksudkan untuk melihat sejauh mana pengaruh dari hambatan yang dialami anak terhadap kemampuan emosional dan intelektualnya. Pemeriksaan ini juga harus ditangani oleh ahli atau psikolog yang berkompeten dan berpengalaman dalam menangani anak dengan problem keterlambatan bicara.

    Setelah hasil pemeriksaan keluar, maka orang tua dengan rekomendasi ahlinya dapat mengambil langkah tepat seperti misalnya, melakukan terapi bicara atau jika usia anak sudah harus sekolah, maka dimasukkan pada sekolah yang dapat memberikan perlakuan dan perhatian yang tepat sesuai dengan masalah anak tersebut.

    Sebenarnya hal ini masih bisa didiagnosa dan dilakukan penanganan yang tepat supaya kemampuan tersebut akhirnya berkembang seperti anak-anak lain seusianya. Jika sejak awal hambatan bicara ini sudah didiagnosa secara tepat, dan jika pihak keluarga mempunyai kepedulian yang tinggi untuk memberikan dukungan bagi program pemulihan si anak, maka akan besar kemungkinan bagi si anak untuk kembali memiliki kemampuan yang normal. Meski pada proses awal akan terkesan lamban, namun kemungkinan besar masalah keterlambatan bicara akan teratasi ketika anak mulai memasuki sekolah dasar.


sumber

Kebiasaan Mandi Gadis Jepang Untungkan Pabrikan Ponsel



Kebiasaan mandi kaum wanita muda Jepang ternyata membawa berkah bagi sejumlah pabrikan ponsel setempat. Fujitsu dan Panasonic yang sempat berhenti menjual ponsel pada 2005 akibat tidak kuat menghadapi persaingan, kini bangkit kembali. 

Mereka seakan menemukan pasar spesifik, di mana produk mereka kali ini ditujukan bagi para gadis Jepang. Ternyata, kaum wanita muda Jepang suka sekali pakai ponsel saat mandi. 

“Di Jepang, kalian tidak bisa jual ponsel jika itu bukan waterproof. Sekitar 95 persen ponsel yang dijual di sini tahan air. Ini sudah jadi keharusan,” kata Direktur Panasonic Taro Itakura dalam Konggres Ponsel Dunia, seperti dilaporkan AFP, Kamis (1/3/12). 

Fakta ini pun tidak disia-siakan. Semua pabrikan ponsel di Jepang saat ini memasukkan fitur tahan air dalam produk mereka. Pasar domestik memang selalu jadi penyelamat. 

sumber

Inilah Pulau Kecil yang Indah yang Mengalami 4 Musim Berbeda

Pulau kecil ini terdapat di tengah danau Artis di Krasnoyarsk, dekat pegunungan Ergaki, Rusia-Siberia. Pulau ini 'dihantam' empat musim, namun tetap saja terlihat indah, Setidaknya dalam foto ini. Tapi, konon, pemandangan terbaik akan kamu dapat pada musim panas. Mau ke sana?














































sumber

8 Cara Ampuh Irit BBM Kendaraan Bermotor




1. Gaya Berkendara

Kemacetan seolah telah menjadi ‘fitur’ baru di jalanan kota-kota besar di Indonesia. Akibatnya, selain memicu stress si pengendara mobil, konsumsi BBM pun bertambah. Dan kedua hal ini tanpa disadari sebenarnya saling berhubungan. Berbagai survei mengatakan bahwa tingkat stres tinggi pada seseorang akan lebih mudah memacu kendaraan lebih kencang tanpa memperhitungkan sekelilingnya. Alhasil BBM yang terkonsumsi mesin pun makin banyak.

So, belajarlah untuk lebih sabar dan bisa mengontrol emosi dalam berkendara, karena berbagai survei mengatakan bahwa tingkat stress tinggi pada seseorang akan lebih mudah memacu kendaraan lebih kencang tanpa perhitungan. Yang harus dilakukan pengemudi adalah cobalah untuk selalu membuat diri agan tenang di saat berkendara baik, dengan mendengarkan musik yang slow, memasang parfum dalam mobil sebagai aroma terapi, ataupun dengan mengonsumsi kembang gula yang menyegarkan.




2. Stabilkan Rotasi Gigi Mesin (RPM)

Perhatikan RPM mobil agan saat mengemudi, usahakan pergantian gigi transmisi antara 3000 rpm dan 4000 rpm. Saat berkendara di jalan tol ataupun dalam perjalanan jauh, apabila kendaraan agan mempunyai fitur cruise control, sebaiknya dimanfaatkan karena selain mampu menghemat bahan bakar, juga bisa membuat pengemudi lebih santai dan mengurangi lelah saat berkendara. Dan apabila tidak ada fitur tersebut, baik kendaraan agan matik maupun manual, usahakan kecepatan kendaraan anda konstan.




3. Atur Jarak Pengereman


Selalu jaga jarak dengan kendaraan di depan, sehingga jarak pengereman pun bisa diminimalisasikan. Apakah ada hubungannya antara pengereman dengan penghematan bahan bakar? agan lebih banyak bahan bakar yang dikonsumsi mobil pada saat awal melaju dari keadaan diam, karena saat pertama melaju kendaraan akan memerlukan daya besar untuk melaju atau bergerak. Apalagi saat kendaraan bermuatan penuh, maka daya yang akan dibutuhkan juga semakin besar pula. Jadi semakin agan banyak melakukan pengereman seperti kondisi macet itulah bahan bakar akan banyak terkuras.


4. Permainan Tuas Kopling



Di saat macet disarankan bagi kendaraan matic jangan dibiasakan tuas perseneling (tuas transmisi) tetap di D, usahakan kembalikan ke Netral (N) dan saat macet itulah permainan tuas yang bisa agan lakukan. Hal ini tentu memerlukan pembiasaan diri. Pada transmisi manual pun polanya hampir sama, yaitu dengan memainkan tuas porseneling, yaitu saat agan memasukkan gigi 1, coba lepaskan dari pedal kopling secara perlahan, hingga mobil terasa bergerak maju perlahan tanpa harus menginjak pedal gas. Agan tidak bisa melakukan cara ini pada jalan menanjak.


5. Aplikasikan Perangkat Pengirit BBM



Produk pengirit bahan bisa dipakai untuk menekan konsumsi BBM. Salah satu contoh produk yang bisa membantu mengiritkan bahan bakar kendaraan anda adalah dari produk Quasar P2, di mana dari oli, vitamin oli, dan petrol additive (untuk dicampurkan ke dalam bahan bakar). Jika agan menggunakan produk ini dalam kendaraan agan, maka bahan bakar yang bisa dihemat antara 20% – 30%. Di jaman sekarang ini produk semacam ini bisa didapatkan dengan mudah di bengkel-bengkel.


6. Gunakan Pertamax



Tips selanjutnya adalah untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang sederhana cuma perlu merogoh kocek lebih banyak yaitu gunakan bahan bakar non timbal atau pertamax. Walaupun harga lebih mahal dibanding premium, tapi manfaatnya bagi kendaraan agan begitu besar. Jika Anda ingin mengganti kebiasaan pengisian bahan bakar premium ke pertamax, kami sarankan melakukan dengan perbandingan awal minimal 20% sisa bahan bakar atau kalau bisa tersisa hanya 10% – 15%, baru lakukan pengisian dengan pertamax.


7. Servis berkala



Setiap orang memiliki berbagai karakter dan kepekaan yang berbeda-beda, terutama pada kaum wanita yang memiliki kendaraan. Karena banyak orang yang hanya bisa memakai dan jarang memperhatikan kendaraannya. Yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah rutin melakukan servis berkala dengan disertai penggantian oli mesin.

Selanjutnya perhatikan sektor kaki-kaki juga, yaitu ban atau roda-roda kendaraan. Misal alur ban aga nsudah mulai aus, segera ganti, dan saat dirasa jalan kendaraan agan tak stabil, segera lakukan pengecekan balance dan spooring.


8. Menumpang Secara Bergantian



Lebih baik agan menumpang mobil rekan agan yang memiliki tujuan searah, jika agan hendak bepergian seorang diri saja. Jika hal ini agan lakukan, selain akan menghemat bahan bakar, agan juga turut membantu pemerintah dalam usaha mengurangi kemacetan. Namun jangan lupa untuk dilakukan bergantian, yakni terkadang agan juga bersedia untuk memberikan tumpangan pada rekan agan.

Tapi agan harus mengingat satu hal ini, yaitu jika agan sering melakukan tips ini dan kendaraan agan sering didiamkan dalam garasi, maka ada resiko yang harus agan tanggung. Kendaraan yang jarang dipakai akan banyak masalah yang timbul pada sektor mesin kendaraan, apalagi jika accu kendaraan terus terkoneksi pada kendaraan tanpa pemakaian akan mengakibatkan accu tekor dan dijamin kendaraan agan tak bisa distart.



sumber

Istana Potala, Mutiara di Atap Dunia


Salah satu peninggalan budaya dunia yang memiliki nilai arsitektur yang tinggi adalah Istana Potala. Seperti apa tempat yang bak mutiara di atap dunia ini?

Istana Potala merupakan bangunan bertingkat paling besar yang ada di Tibet. Tempat ini terletak di bukit merah, pusat kota Lhasa, Tibet. Sebab itulah Istana Potala pada waktu itu disebut sebagai Istana Bukit Merah.

Potala mulai dibangun pada masa berkuasa Songtsan Gambo, Dinasti Tibet abad ke-7 Masehi. Mulai saat itu Istana Potala menjadi pusat politik, agama, sekaligus tempat tinggal Dalai Lama dari zaman ke zaman.

Dua abad kemudian, kharisma istana ini hancur lebur lantaran Tibet terjerumus dalam kekacauan perang yang berlangsung lama. Istana Bukit Merah pun berangsur-angsur terbengkalai.

Baru pada pertengahan abad ke-17, Potala dibangun kembali oleh Dalai ke-5. Renovasi istana berjuluk 'Mutiara di Atap Dunia' ini menghabiskan waktu 50 tahun. Pembangunan dilanjutkan selama tiga ratus tahun dengan berbagai penambahan dan perluasan.

Potala bertingkat 13, tinggi 110 meter, berstruktur batu dan kayu. Tembok istana terbuat dari batu granit, yang paling tebal mencapai lima meter. Istana ini memiliki berbagai ruangan dan fungsi. Istana Putih di bagian timur sebagai tempat tinggal Dalai Lama.

Ruangan lain yang kerap disebut ruang utama adalah Istana Merah, tempat balai pagoda arwah Dalai Lama berbagai zaman dan berbagai ruang pemujaan Budha. Diantaranya, yang terindah adalah balai pagoda arwah Dalai Lama V Losan Jiacuo setinggi 15 meter.

Dasarnya berbentuk persegi dan atapnya bundar. Jenazah Dalai Lama V disimpan di dalamnya setelah diawetkan bahan pewangi dan bahan lainnya. Pagoda itu dilapisi 3.724 kilogram emas dan bertatahkan lebih 15 ribu intan, zamrud, mutiara, giok dan batu akik.

Pada alas pagoda diletakkan berbagai alat untuk upacara sembahyang. Balairung Barat adalah ruang pagoda arwah Dalai Lama V, merupakan balairung yang terbesar di Istana Merah, di dalamnya terdapat 48 tiang kayu yang besar setinggi enam meter.

Di Balairung Barat itu terdapat patung-patung Buddha, serta binatang-binatang seperti singa dan gajah yang terbuat dari kayu. Dalam pembangunan Potala pada abad ke-17 dan perluasan setelah itu, didatangkan pelukis-pelukis terbaik di daerah Tibet.

Mereka diminta membuat puluhan ribu lukisan dinding indah. Semua ruang istana, ruang depan, koridor dan beranda dihias dengan lukisan dinding yang beragam tema. Mulai dari kisah tokoh dan sejarah, kisah kitab agama Buddha, ada juga yang mencerminkan bangunan, adat istiadat, olahraga dan rekreasi.

Selain itu, di Istana Potala tersimpan pula banyak gambar sepul, ukiran batu dan kayu, patung tanah dan lain-lain serta permadani Tibet, keramik, giok dan sejumlah besar benda kerajinan tradisional sejak abad ke-17.

Benda-benda itu tidak hanya mempunyai nilai seni yang tinggi, tapi juga mencerminkan sejarah kontak dan pertukaran kebudayaan antara etnis Tibet dan etnis Han serta etnis-etnis lain selama seribu tahun lebih.



sumber

Foto Replika Kamera dari Kertas yang Keren


1. Hole-on-Ex DIY Paper Camera

2. The Peyote Paper Camera by Corbis Readymech

3. Sharan SQ35 Paper Camera for Rolls of Film

4. Rubikon Paper Camera by Hubero Kororo

5. Pinhole Art DIY Camera

6. Pentax Paper Camera

7. World Pinhole Camera Day by Corbis Readymech

8. Dirkon Paper Camera

9. Mother Camera by Corbis Readymech

sumber

Timsah Arena, Stadion Unik Berbentuk Buaya Raksasa

Timsah Arena


Klub Superlig Turki, Bursaspor, punya julukan “Yesil Timsahlar”, yang dalam bahasa Indonesia berarti “Buaya Hijau”. Terinspirasi oleh julukan tersebut, Bursaspor merilis desain stadion baru mereka yang berbentuk buaya raksasa

Stadion yang terletak di kota Bursa, Turki, ini rencananya akan berkapasitas 45 ribu tempat duduk, sebuah stadion sepak bola modern yang diberi nama “Timsah Arena” atau mungkin bisa disebut sebagai “kandang buaya” (timsah = buaya).

Berikut beberapa gambar dari Timsah Arena, yang menurut beberapa suporter Bursaspor sendiri lebih mirip ular hijau raksasa daripada seekor buaya.


 



 









sumber
sumber

Hidup Abadi Ala Avatar Bukan Lagi Mustahil


Headline
Dalam film Avatar, manusia bisa hidup di dalam satu dunia namun menggunakan tubuh lain. Kini ahli mengklaim, hidup abadi ala film tersebut bukan lagi mustahil. Bagaimana?
Pebisnis media Itskov (30) mengklaim telah mempekerjakan 100 ilmuwan untuk membuat manusia bisa 'hidup abadi' melalui pengunduhan pikiran ke dalam robot. Proyek 'Avatar' ini diharapkan selesai dalam 10 tahun.
"Proyek ini menuju jalur keabadian. Seorang manusia dengan Avatar yang sempurna bisa terus ada dalam komunitas. Orang tak ingin mati," katanya. Upaya selanjutnya yakni menciptakan tubuh baru untuk manusia, lanjutnya.
Saat di konferensi Global Future 2045, ia mengatakan, "Tubuh baru ini akan memiliki tatap muka mesin otak sempurna yang membuat kendali dan otak manusia mendukung sistem yang ada agar otak bisa bertahan di luar tubuh," katanya.
Tahap ketiga yakni menciptakan otak manusia buatan tempat pikiran manusia diunggah. Demikian seperti dikutip DM.

sumber

Jumat, 02 Maret 2012

Ini Dia Pasangan Berjodoh Sejak di Lahirkan


Manusia hidup dalam mencari pasangan didapatkan dengan berbagai cara yang berbeda. Ada yang ketemu di kantor, supermarket atau mimpi. Pasangan asal Inggris ini merasa mereka sudah ditakdirkan untuk berjodoh sejak dilahirkan. Dilahirkan di waktu hampir bersamaan di rumah sakit yang sama, keduanya menikah 22 tahun kemudian.

Pasanggan berbahagia itu adalah Richard dan Kayleigh Brookes. 22 tahun lalu, ibunda keduanya melahirkan mereka di ruangan yang sama di suatu rumah sakit pada 1989.

Kini, setelah berpuluh-puluh tahun berlalu, keduanya ternyata ditakdirkan untuk bersama dan menikah. Pernikahan digelar Sabtu (25/2/2012) lalu di St John, Baptist Church, Halesowen, West Midlands, Inggris.
“Kami tidak bisa mempercayainya ketika kamu tahu kalau ibu kami berada di rumah sakit yang sama ketika kami lahir,” ujar Richard. “Aku lahir 22 April dan Kayleigh, 25 April. Tapi ibuku harus dirawat lebih lama jadi kami berada dalam ruangan yang sama saat itu,” tambahnya.

Meski kedua orangtua mereka tidak saling mengenal, Richard dan Kayleigh kemudian disekolahkan di sekolah yang sama ketika memasuki usia balita. Mereka menjadi teman sekelas di masa taman kanak-anak.
Namun keduanya baru mulai saling mengenal dengan baik ketika berusia 11 tahun. Kedekatan mulai terjalin ketika Richard mengirimkan pesan teks pada Kayleigh kalau dia baru saja dipukuli.

Keduanya merasakan saling jatuh cinta pada ketika berusia 15 tahun. Setelah saat itu, mereka tak terpisahkan lagi.

“Setelah kami mulai berkencan, kami tidak pernah lagi terpisahkan sehari pun,” ujar Richard, seperti dikutip dari Daily Mail.

Hubungan asmara mereka bukan berarti berjalan mulus tanpa hambatan. Banyak pihak yang kerap memberitahu Kayleigh kalau jalinan cintanya dengan Richard tak akan berhasil.

“Semua orang di sekolah mengatakan padaku jangan kencan dengannya karena dia selalu membuat masalah. Mereka juga memperingatkan kedua orangtuaku,” tutur Kayleigh.

“Bahkan termasuk para guru. Tapi kami sudah membuktikan pada semua orang kalau mereka salah dan aku sangat bahagia,” tambah Richard yang berprofesi sebagai supir delivery.
Pria tersebut melamar Kayleigh ketika wanita itu berulang tahun ke-21. Saat itu juga ulang tahun ayah Kayleigh. 

Orangtua mereka sangat senang. Pernikahan keduanya pun berjalan lancar tanpa hambatan. Mereka kemudian berbulan madu ke Las Vegas.






sumber

Jika Merokok di KA, Perokok Akan Diturunkan Paksa


PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai memberlakukan peraturan baru, larangan merokok di kereta api, Kamis (1/3). Menurut Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) II Bandung, Bambang Setya Prayitno, larangan merokok ini diberlakukan berdasar instruksi Direksi Nomor 4/LL.006/KA-2012 tertanggal 7 Februari 2012. 
Pelarangan merokok berlaku pada seluruh rangkaian, baik KA komersial kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi, KA ekonomi, maupun komuter.
Larangan merokok ini, kata Bambang berlaku tak cuma di gerbong penumpang, melainkan juga di restorasi, bahkan di sambungan kereta.
Untuk mengantisipasi adanya penumpang yang merokok, kata Bambang, pihaknya menerjunkan tim. Petugas yang menemukan penumpang merokok, secara langsung akan memberikan teguran. “Jika tetap membandel, tidak tertutup kemungkinan, mohon maaf, kami memberikan sanksi lain, yaitu menurunkan penumpang tersebut pada stasiun berikutnya” kata Bambang di ruang kerjanya, kemarin.
Menurut Bambang, pemberlakuan peraturan tersebut juga merupakan bagian kampanye kesehatan di atas KA. Bambang mengatakan, sosialisasi pelarangan merokok ini sudah mereka lakukan sejak awal Februari 2012. Sebuah perjalanan, terlebih jarak jauh, ujarnya akan menjadi lebih nyaman dan aman apabila bebas asap rokok.
Selain mengganggu kesehatan, merokok dalam kereka juga berpotensi menimbulkan kebakaran, terlebih jika perokok membuang puntung rokoknya secara serampangan.
Agus Hermawan, warga Bandung yang cukup kerap menggunakan fasilitas KA, menilai langkah PT KAI tersebut sebagai hal yang positif. “Itu dapat membuat suasana di dalam kereta menjadi lebih nyaman,” ucapnya.
Namun, ayah dua anak ini berharap PT KAI benar-benar serius menjalankan peraturan tersebut. Misalnya, penerapan sanksi yang tegas. Selain itu, imbuhnya, jangan sampai terjadi kucing-kucingan antara penumpang yang merokok dan petugas.





sumber

Sadis! Pembunuhan Ala Film "SAW" Terjadi di Inggris


Saw adalah sebuah film horor buatan Lions Gate Films yang dirilis pada tanggal 29 Oktober 2004. Film ini terkenal dengan slogannya “every piece has a puzzle” (bahasa Indonesia: semua potongan punya teka-teki). Judul film ini diambil dari kependekan nama tokoh utamanya, Jigsaw

Baru-baru ini di Inggris terjadi pembunuhan yang memperagakan gaya pembunuhan seperti dalam adegan film tersebut. Pria yang bernama  Benjamin Scott, 32 tahun, dengan sadis membunuh Gary Beech, 42 tahun, tetangga baru yang di kenalnya di sebuah bar. Ia menusuk tepat di bagian kepala, mata dan wajah korban hingga 120 kali.

Setelah puas, Scott kemudian meninggalkan mayat Beech yang bersimbah darah. Saat tiba di rumah, ia membuang dua buah pisau dan sepasang gunting yang digunakannya untuk membunuh ke dalam tong sampah.

Keesokan harinya, Scott menghubungi kekasihnya yang telah dipacari selama 14 tahun, Amanda Perrin. Kepada Perrin, Scott mengaku telah melakukan tindakan biadab tersebut. Saat Perrin mengatakan apakah perbuatannya itu seperti yang terjadi dalam film sadis Saw, Scott mengamini. “Ya, seperti itu,” ujarnya.

Kini Scott telah dijatuhi hukuman penjara tanpa batas waktu yang ditentukan, alias seumur hidup. Di persidangan yang dipimpin oleh hakim Peter Openshaw, Scot juga mengakui seluruh perbuatannya. Sebelumnya, beberapa saat setelah Scott ditangkap, pihak kepolisian juga menemukan koleksi DVD film SAW yang dikenal memiliki banyak adegan sadis.

Menurut kerabat dan tetangga yang dekat dengan Scott, pria tersebut memang memiliki masalah kecanduan minuman dan masalah mental, dan film SAW merupakan salah satu film favorit yang sering ditontonnya.






sumber

8 Hewan yang Diduga Digunakan Sebagai Mata-Mata

1. Burung nasar
 
Arab Saudi baru-baru ini menuduh burung nasar sebagai mata-mata setelah ditemukan membawa gelang pemancar di kaki yang dipasang ilmuwan Universitas Israel. Para peneliti beralasan bahwa penandaan itu digunakan untuk mempelajari pola migrasi.

2. Kucing
 
Pada tahun 1960-an, CIA dilaporkan melakukan pembedahan untuk memasukkan mikrofon dan pemancar ke dalam kucing, proyek dijuluki “Acoustic Kitty.” Mantan petugas CIA Victor Marchetti mengatakan pada The Telegraph tentang proyek itu

“dengan membedah kucing, memasukkan baterai ke dalam dirinya, kabel . Ekor digunakan sebagai antena, Mereka membuat suatu keburukan.. “

Kucing kabel pertama , menurut Guardian, dilepas untuk memata-matai dan dengan hanya beberapa langkah menuju sasaran sebelum kucing tertabrak taksi. lalu CIA menyimpulkan bahwa proyek ini tidak praktis untuk mengumpulkan data – data intelijen.

3.Tupai
 
Polisi Iran dilaporkan menangkap 14 tupai atas dugaan mata-mata pada tahun 2007.Menurut Mental Floss, badan intelijen asing menemukan bahwa tupai telah dilengkapi dengan peralatan untuk menguping.

” Sementara itu, sumber Luar Negeri melaporkan kepada Sky News bahwa “cerita ini adalah konyol.”

4. Merpati
 
Iran mengklaim telah menemukan “merpati mata-mata” di dekat fasilitas nuklir pada tahun 2008.Tuduhan ini bukan yang pertama dari jenisnya. Menurut Wired, merpati pembawa kamera mungkin telah ada sejak tahun 1903, ketika seorang insinyur Jerman bereksperimen dengan ide tersebut.

Merpati telah memainkan peran yang begitu kuat dalam masa perang saya bahwa, seekor merpati Cher Ami, memenangkan medali karena menyelamatkan nyawa tentara AS selama Perang Dunia I. Dan bagaimana merpati mata-mata ini bisa dilumpuhkan ?

Dalam Dunia Perang Dunia ke-II, Inggris menggunakan dua Erang dr luar negeri untuk mencegat merpati mata-mata Jerman, dan beberapa keberhasilan yang dilaporkan.

5.Singa Laut dan Lumba-Lumba
 
Angkatan Laut AS telah merekrut singa laut dan lumba-lumba untuk Marine Mammal Program.

Tampaknya militer tidak diilhami oleh ironi perekrutan “Navy Seal,” tetapi lebih memilih hewan-hewan ini karena kemampuan mereka untuk mendengar dan melihat di bawah air dengan cahaya rendah.

Jadi, mamalia telah dilatih untuk menyapu untuk tambang, membawa kamera, dan bahkan manset tersangka di bawah air.

Kelompok Penyayang Binatang keberatan menggunakan hewan-hewan ini dalam pertempuran.
“Perang adalah untuk manusia saat orang-orang dan partai politik dapat memutuskan perang diperlukan, hewan tidak bisa,” kata Dawn Carr Masyarakat untuk Perlakuan Etis Hewan pada BBC.

6.Elang
 
Elang dicurigai menjadi mata-mata setelah para pejabat India menemukan burung membawa apa yang tampak seperti Perlengkapan untuk pengawasan berteknologi tinggi.

Menurut BBC, India awalnya menduga ini ulah elang mata-mata dari Pakistan, seorang perwira polisi senior menjelaskan, dia menyatakan bahwa burung-burung itu hanya digunakan untuk membantu dengan ekspedisi berburu. engan kata lain, kelompok Elang ini memata-matai, tetapi pada burung lain, bukan pada orang.


7. Serangga
 
Para ilmuwan dilaporkan bereksperimen dengan serangga untuk pengintaian. Telegraph menjelaskan bahwa elektroda, baterai, dan kamera video sedang dipasang ke serangga. US Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) dapat bekerja untuk memasukkan otak dengan pemancar ke dalam ngengat dan kumbang saat masih kepompong.

Hal ini diyakini bahwa makhluk yang secara alami akan menggabungkan implan ke dalam tubuh mereka ketika mereka berkembang.

8. Ayam
 
Mungkin ironisnya dijuluki Operasi “KFC,” adalah singkatan dari Kuwaiti Field Chicken, saat tentara AS berencana untuk menggunakan ayam selama pertempuran,BBC melaporkan.
Rencananya adalah ayam akan digunakan untuk mendeteksi gas beracun, tapi 41 hewan meninggal karena penyakit di Teluk dalam selang 1 minggu setalah didatangkan.Tampaknya bahwa Kolonel Sanders masih bisa menggunakan nama KFC untuk dirinya sendiri 




sumber